Minggu, 19 Juni 2011

Sistem Reproduksi Wanita

Organ pelvis terletak dibawah, berhubungan dengan rongga abdomen, dibentuk oleh os iski dan os pubis pada sisi samping dan depan. Os sacrum dan os koksigis membentuk batas belakang dan pinggiran pelvis dibentuk oleh promontorium sacrum dibelakang iliopektinal sebelah sisi samping dan depan dari tulang sacrum.



Pintu keluar pelvis ( pintu bawah )dibatasi oleh os koksigis dibelakang sismpisis pubis, di depan lengkung os pubis, os iski, serta ligamentum yang berjalan dari os iski dan os sacrum disetiap sis, pintu keluar ini membentuk dasar pelvis. Dasar pelvis dibentuk oleh dua berkas otot m. levator ani dan m. koksigis yang bekerja sebagai diagfragma pelvis.
Perineum merupakan bagian terendah dari badan, berupa sebuah garis yang menyambung kedua tuberositas iski, daerah depan segitiga kongigenital dan bagian belakang segitiga anal. Titik tengahnya disebut badan perineum terdiri dari otot fibrus yang kuat disebelah depan anus.
Didalam rongga pelvis terdapat kandung kemih dan dua buah ureter yang terletak dibelakang simpisis, kolon sigmoid sebelah kiri fosa iliaka, dan rectum terletak disebelah belakang limfe, serabut saraf fleksusu lumbosakralis untuk anggota gerak bawah, cabang pembuluh darah arteri iliaka internal dan vena iliaka internal melengkapi rongga pelvis. Genitalia pada wanita terpisah dari uretra yang mempunyai saluran tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar